Dapatkan Manfaat Olahraga Lari Sore Tingkatkan Kualitas Hidup

Manfaat olahraga lari
Manfaat olahraga lari
manfaat olahraga lari

.

Salah satu olahraga simpel dan tidak harus mengeluarkan uang ialah olahraga lari. Tidak hanya murah, lari juga termasuk olahraga yang bisa dilakukan kapan saja. Selain itu, banyak manfaat lari bagi tubuh Kamu.

Bahkan diceritakan oleh Aisyah RA: “Rasulullah SAW mendahuluiku, kemudian aku mendahului beliau, begitulah seterusnya. Hingga saat badanku sudah gemuk, kami pernah berlomba dan beliau yang memenangkan perlombaan itu.

Kata beliau, “Kemenangan kali ini merupakan balasan atas kekalahan yang lalu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Hadist ini bercerita tentang perlombaan lari antara Rasulullah dengan istrinya. Para sahabat dulu juga terbiasa melakukan perlombaan lari cepat, dan Rasulullah SAW mengizinkannya. Lari adalah salah satu olahraga paling mudah yang bisa kita lakukan karena tanpa harus menggunakan alat tertentu.

Adakah di antara kalian yang sudah terbiasa jogging atau berlari tiap harinya? Oleh karenanya, lari merupakan olahraga yang tidak boleh kamu lewatkan ya guys! Apa saja manfaat lari bagi tubuh yuk mari kita simak bersama – sama.

1. Olahraga lari membuat Jantung Lebih Sehat

Jika kamu seing melakukan olahraga lari, mungkin akan terasa bahwa degap jantung kalian akan terasa lebih kencang daripada normalnya. Itu menandakan bahwa jantung sedang dilatih agar lebih kuat, sehingga bisa terhindar dari ancaman penyakit. Apabila sudah terbiasa, maka degupan jantung itu tidak akan berdetak terlalu kencang lagi. Itu artinya jantung sudah terbiasa akan hal yang melelahkan.

2. Mengecilkan Betis dengan Lari Jarak Jauh

olahraga lari

Jika diperhatikan, para pelari jarak jauh atau marathon biasanya memiliki kaki yang langsing dan kencang. Berbeda dengan kaki pelari sprinter yang cenderung besar, pelari marathon memiliki kaki yang terbentuk dengan baik.

Melihat fenomena tersebut, berlari jarak jauh dengan santai akan lebih efektif untuk mengecilkan betis daripada berlari dengan cepat dalam waktu singkat

3. Menguatkan Otot dan tulang kaki

olahraga lari

Siapa disini yang sering mengalami kesemutan? Cobalah rutin untuk mencoba olahraga lari.

Ketika olahraga lari, kaki adalah bagian tubuh yang paling diandalkan dan otot serta tulang pada kaki pun semakin terlatih. Selain itu, manfaat lari secara rutin juga bisa memperbaiki struktur kaki dan koordinasinya sehingga memiliki bentuk yang atletis.

Membiasakan diri berlari dengan rutin akan memberikan efek positif pada tulang dan sendi-sendi dalam tubuh. Manfaat olahraga lari juga berlaku bagi orang yang berusia lanjut karena mencegah penyakit sendi degeneratif atau ostearthritis.

4. Menurunkan Berat Badan

manfaat olahraga lari

Olahraga lari dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat olahraga lari berperan dalam mengurangi kalori dalam tubuh. Lari juga akan menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar dan memperbaiki metabolisme tubuh. Hal ini akan berpengaruh pada berat badan yang tentu saja akan berkurang.

Manfaat olahraga lari sendiri sangat efektif dalam meluruhkan lemak karena lancarnya metabolisme. Semakin rutin melakukan olahraga lari, maka lemak yang menumpuk pada tubuh kamu akan cepat berkurang secara efektif dan aman.

kamu pun akan terbebas dari risiko obesitas sebab Berlari membutuhkan banyak kalori. Rata-rata orang yang berbobot 150 kilogram akan membakar sekitar 12,2 kalori per menit berjalan selama 10 menit. Itulah manfaat lari secara rutin setiap hari.

5. Meningkatkan Kualitas otak

manfaat olahraga lari

Kamu sering lupa akan menaruh sesuatu? Cobalah untuk rutin melakukan olahraga lari. Saat kamu sedang berlari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah-masalah yang sedang kamu hadapi. Ini bisa terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif. Perlu diketahui bahwa manfaat olahraga lari dapat meningkatkan ingatan kamu dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Sebuah studi tahun 2014 di University of British Columbia mengungkapkan bahwa olahraga lari dan aerobik yang teratur akan meningkatkan detak jantung dan membuat kamu berkeringat, dan dapat meningkatkan ukuran hippocampus. Hippocampus adalah area otak yang terlibat dalam memori verbal dan kognitif. Bahkan, olahraga lari dengan treadmill dapat mencegah gejala Alzheimer.

Baca juga : Diet sehat dan murah

6. Memperbaiki Kualitas Tidur

manfaat olahraga lari

Manfaat olahraga lari setiap pagi dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Sebuah studi pada 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health menemukan bahwa mereka yang melakukan olahraga jalan secara teratur di pagi hari menunjukkan peningkatan tidur yang lebih nyenyak.

Meskipun penelitian difokuskan pada olahraga lari di siang hari, lari siang atau malam hari juga dapat mengurangi kesulitan tidur melalui efek pemanasan tubuhnya.

Olahraga diketahui memicu peningkatan suhu tubuh, dan penurunan suhu setelah olahraga dapat menyebabkan tertidur. Selain itu, olahraga dapat mengurangi masalah tidur dengan mengurangi gairah, kecemasan, dan depresi.

7. Meningkatkan fungsi organ tubuh

manfaat olahraga lari

Dengan berlari fungsi organ tubuh kita akan semakin membaik. Salah satunya Mengurangi risiko kanker payudara Ada hingga 20 persen pengurangan risiko terkena kanker payudara pada pelari reguler. Jika kamu pernah menderita kanker payudara, maka berlari secara teratur dapat mengurangi risiko berulangnya sebanyak 40 persen.

Berali juga dapat menyehatkan paru – paru, hati, menurunkan tekanan darah tinggi dan juga jantung. Lari secara rutin akan menguatkan jantung, menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh.

Jantung yang terlatih akan memompa jumlah darah yang lebih besar per siklus. Saat aliran darah meningkat, konsumsi oksigen juga akan meningkat.

Bagaimana manfaat yang ditawarkan jika kamu rutin untuk menjalani olahraga lari cukup memuaskan bukan? Tunggu apa lagi mulai besok cobalah untuk melakukan olahraga ini dan rasakan manfaat olahraga lari.

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *