3 Manfaat Program Full Body Workout Yang Harus Kamu Ketahui!

program full body workout

Program Full Body Workout Yang Wajib dan Harus Kamu Ketahui – Karena banyaknya program latihan beban memang sering kali membuat kita bingung, meskipun banyak namun kita harus selektif untuk menentukan program latihan beban yang cocok bagi diri kita pribadi,  apalagi bila kamu tergolong pemula, yang baru ingin mulai menjalani program latihan beban secara teratur. Karanea melihat begitu banyak program latihan beban yang ada di dunia ini mimin disini akan mengerucutkan satu program yang sangat populer dan cukup efektif guna latihan kamu yakni Program full body workout!

Program Full Body Workout

Apa yang disebut dengan Program Full Body Workout?

program full body workout

 Sebelum cari tahu tentang manfaat dari full body workout, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dari full body workout itu sendiri. Full Body Workout atau Latihan tubuh secara menyeluruh adalah latihan fisik dimana anda akan melatih seluruh otot tubuh dalam satu sesi latihan.  Latihan tubuh secara menyeluruh atau Full-body workout merupakan latihan yang melatih semua kelompok otot tubuh pada satu sesi latihan. Program latihan ini merupakan kebalikan dari split training yang di dalamnya melatih beberapa kelompok otot secara terpisah. Program latihan split training umunya dijadikan menu latihan yang rutin dilakukan olah para praktisi kebugaran selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun lamanya. Program latihan ini memungkin kamu melatih setiap kelompok otot dengan volume yang lebih besar, namun yang harus kamu korbankan adalah frekuensi latihan. Sedangkan full-body workout hanya melakukan latihan dengan volume yang cenderung lebih rendah pada bagian tubuh namun dengan frekuensi yang tinggi. Sudah jelas bukan apa itu Full Body Workout? Mari kita bahas karaktersitik dari Full Body Workout atau FBW ini!

Lalu apa saja Karakteristik dari Program Full Body Workout?

  1. Lebih Hemat Waktu. Dengan program “Full Body”, kamu bisa melatih seluruh bagian tubuh dalam 1 sesi. Dengan begitu, frekuensi latihan pun bisa lebih rendah dibandingkan dengan program “Body Split”. Umumnya, frekuensi minimal untuk “Full Body” adalah 2 kali seminggu, sementara “Body Split” umumnya membutuhkan frekuensi latihan 3 kali seminggu
  2. Rasa Pegal-Pegal yang Merata. Karena volume latihan terbagi-bagi ke banyak bagian tubuh, rasa pegal-pegal pun lebih merata dan tersebar. Tidak seperti “Body Split” yang rasa pegalnya akan terpusat hanya pada otot yang dilatih, “Full Body” akan memberikan rasa pegal yang lebih merata di seluruh bagian tubuh (tapi dengan intensitas yang secara keseluruhan juga lebih rendah tentunya).
  3. Lebih cocok untuk pemula . Untuk pemula, menjalani 2 sampai 3 gerakan latihan untuk melatih otot yang sama akan sangat-sangat sulit karena otot tubuh yang masih kurang terlatih (ketahanan dan stamina otot masih rendah). Jadi, akan lebih baik jika beban latihan didistribusikan ke berbagai bagian tubuh.
  4. Melatih Teknik Dasar Latihan Beban. Dengan program “Full Body”, kamu akan menjalani minimal 1 gerakan latihan untuk setiap bagian tubuh di setiap sesi latihan. Dengan begitu, kamu akan lebih cepat belajar teknik dasar bagaimana menggunakan otot-otot di seluruh tubuh untuk mengangkat beban. Inilah salah satu alasan lagi mengapa program ini cocok untuk pemula.
program full body workout

Lantas apa saja manfaat dari FBW ini?

1. Peningkatan Kesehatan Secara Keseluruhan

kamu bisa menjaga proses metabolisme dengan baik dengan cara mengaktifkan gen pada seluruh serat otot tubuh setiap harinya melalui latihan full-body workout. Hal tersebut memiliki pengaruh yang vital dalam mencegah berbagai gangguan ancaman metabolik. Jadi, usia kamu bukanlah penghalang untuk mendapatkan kesehatan tubuh melalui latihan full-body workout

2. Peningkatan Massa Otot Lebih Banyak

Pada penelitian yang sama, telah terbukti pula bahwa mereka yang melakukan program latihan full-body workout mampu mengalami perkembangan massa otot lebih maksimal dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan program split training. Kenapa ini terjadi? Karena mereka yang melakukan latihan full-body workout telah meningkatkan rasio testosteronnya dibandingkan dengan kortisol. Dengan semakin tingginya kadar testosteron, maka tubuh akan bersifat anabolik. Sehinnga potensi pembentukan protein pada otot akan lebih maksimal dengan diaktifkannya rasio anabolik yang ideal melalui latihan full-body workout.

Baca Juga : Senam Langsing yang bisa di lakukan di rumah terbukti efektif !!

3. Mengurangi Lemak Lebih Cepat

Para peneliti berhasil mengungkapkan fakta bahwa ternyata latihan full-body workout lebih berhasil meningkatkan pembakaran lemak jika dibandingkan dengan program split training. Dalam penelitiannya dijelaskan bahwa mereka yang mampu melakukan latihan full-body workout selama tiga kali dalam satu minggu mampu mengurangi jumlah lemak yang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang melakukan latihan split training. Program latihan full-body workout terbukti mampu meningkatkan pembarakan lemak dengan cara aktivasi gen. aktivasi gen ini sangatlah penting demi menuntukan tujuan latihan, entah itu untuk tujuan pembakaran lemak ataupun untuk peningkatan massa otot. Latihan full-body workout mampu merangsang aktivitas gen guna meningkatkan proses metabolisme yang berada di dalam otot, proses ini bisa bertahan selama satu hari lamanya. Sehingga pembakaran lemak dan karbohidrat dalam tubuh bisa lebih maksimal demi memenuhi kebutuhan energi.

Itulah serba – serbi Program Full Body Workout yang mimin ketahui, namun ingat sebuah program latihan beban entah apapun itu akan sangat maksimal jika dibarengi dengan asupan makanan yang bergizi karena pada dasarnya ketika kita melakukan sebuah program latihan maka asupan makanan yang harus kita makan akan semakin bertambah. Baik semoga Thread kali ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menjalankan program latihan beban. See you next time!

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *