6 Cara Menghilangkan Stretch Mark Putih

Stretch Mark putih

1. Eksfoliasi

Cara sederhana untuk mengobati stretch mark putih adalah melalui pengelupasan kulit secara teratur. Ini menghilangkan kelebihan kulit mati dari tubuh Anda dan kulit baru dari stretch mark Anda.

Eksfoliasi bersama metode perawatan lain juga dapat meningkatkan hasil Anda. Menghapus kulit mati dari stretch mark Anda memungkinkan perawatan kulit lainnya menembus lebih dalam dan bekerja lebih cepat.

2. Perawatan Topikal

Krim dan salep topikal adalah metode yang lebih terjangkau untuk mengurangi tampilan stretch mark putih. Beberapa krim tersedia bebas, sementara yang lain diresepkan oleh dokter.

Diaplikasikan secara teratur, krim topikal dapat meringankan nada tanda peregangan tetapi mungkin tidak sepenuhnya menghilangkannya. Sebelum menggunakan pengobatan topikal, diskusikan risiko Anda dengan dokter Anda. Beberapa krim dapat memicu reaksi alergi atau mungkin tidak cukup kuat untuk mengobati kondisi Anda.

3. Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah prosedur tanpa rasa sakit untuk mengurangi munculnya tanda peregangan putih. Prosedur ini menargetkan lapisan atas kulit (epidermis), dan bekerja dengan merangsang kulit untuk mengencangkan serat kolagen dan elastin.

Dalam prosedur ini, kristal eksfoliasi kecil disemprotkan ke area yang sakit atau tongkat khusus dioleskan ke area tersebut. Menggunakan alat seperti tongkat, kristal dihilangkan dengan lembut, membawa kulit mati dari lapisan epidermis. Untuk hasil yang efektif, mikrodermabrasi perlu diulang selama periode waktu.

Setelah prosedur, kulit Anda mungkin terasa kencang dan kering. Mungkin ada kemerahan dari eksfoliasi. Biasanya dibutuhkan 24 jam untuk kulit Anda pulih. Meskipun efektif, prosedur ini tidak dijamin untuk menghilangkan stretch mark sepenuhnya. Tingkat keparahan stretch mark Anda akan mempengaruhi hasil Anda.

4. Microneedling

Microneedling menargetkan dermis, lapisan tengah kulit Anda tempat terbentuknya stretch mark. Dalam prosedur ini, jarum kecil ditusukkan ke kulit Anda untuk memicu produksi kolagen. Kolagen dan elastin yang meningkat meningkatkan regenerasi kulit yang dapat memperbaiki penampilan kulit Anda dan mengurangi stretch mark.

Untuk mengobati stretch mark secara efektif, Anda harus berpartisipasi dalam lebih dari satu perawatan selama berbulan-bulan. Microneedling telah terbukti sebagai sumber terpercaya untuk pengobatan yang efektif untuk mengurangi stretch mark, khususnya untuk pasien dengan kulit yang lebih gelap.

5. Terapi laser

Terapi laser adalah pilihan perawatan umum untuk menghilangkan bekas luka putih. Dalam prosedur ini, laser menembus kulit, memicu regenerasi. Ini merangsang jaringan di sekitar tanda peregangan Anda untuk sembuh dengan kecepatan lebih cepat.

Terapi laser merangsang produksi melanin pada area yang terkena, mengaktifkan sel-sel pigmen di kulit Anda. Ini menyebabkan stretch mark Anda menyatu dengan warna kulit normal Anda. Meskipun efektif, terapi laser membutuhkan lebih dari satu sesi untuk melihat hasil.

Ada sejumlah terapi laser yang berbeda yang digunakan untuk mengobati stretch mark dan masalah kulit lainnya. Diskusikan pilihan Anda dengan dokter kulit Anda.

6. Operasi kosmetik

Jika perawatan lain tidak berhasil, operasi kosmetik adalah pilihan yang perlu anda pertimbangkan. Opsi yang mahal namun efektif ini dapat secara permanen menghilangkan tanda peregangan putih dari tubuh Anda. Namun, penting untuk dipahami bahwa operasi dapat meninggalkan bekasnya sendiri.

Operasi pengencangan perut, yang secara medis dikenal sebagai abdominoplasti, adalah prosedur kosmetik yang tidak hanya menghilangkan bekas luka, tetapi juga menghilangkan kelebihan kulit dan lemak dari perut Anda. Prosedur ini membuat kulit dan perut terlihat lebih rata dan kencang. Namun, prosedur bedah disertai dengan sejumlah risiko kesehatan. Sebelum melakukan perawatan ini, diskusikan pilihan Anda dengan dokter Anda

1 comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *